UTS PENGAMEN _ B/M.01215155
![https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRyp_8gdZAwGpKgsEC25NIJJU_JicMW7xq9JfSG78RS_2ab167AwAiL2xk](file:///C:\Users\axiio\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.jpg)
UJIAN
TENGAH SEMESTER
GASAL
2016
PENGANTAR
MANAJEMEN
DOSEN
: HJ.I.G.A.AJU NITYA DHARMANI
Ronny Agustri Maulana
01215155
Ekonomi Bisnis/Manajemen
PETUNJUK MENGERJAKAN:
1. UNTUK
SOAL KASUS SILAHKAN PILIH SALAH SATU DARI 2 SOAL YANG ADA.
2. UNTUK
SOAL PILIHAN PERTANYAAN, SILAHKAN MEMILIH 5 SOAL DARI 20 SOAL YANG ADA
3. JAWABLAH
SESUAI DENGAN KEMAMPUAN ANDA DAN DIDUKUNG TEORI YANG ADA
4. 4
JAWABAN DIKIRIM KE EMAIL DOSEN dengan format penyimpanan : UTS PENGAMEN _
A.A/M. NIM DAN DI UPLOAD KE BLOG MAHASISWA.
SOAL KASUS PERTAMA :
Ayu RaI adalah
pendiri,direktur dan manajer umum dari semua operasi PT.Kian Sugiho Tenano
sebuah pabrik plastik di Sidokaryo . Suatu waktu Perusahaan tersebut diambil
alih oleh suatu perusahaan raksasa dan direorganisasi, dan Ayu Rai diangkat sebagai
Direktur yang baru, diperintahkan untuk mengembangkan struktur organisasi. Dia
melakukannya dengan berat hati karena dia selalu mengelola perusahaannya secara
informal. Setelah satu tahun memecahkan banyak masalah antar Departemen sendiri
dan bekerja 12 sampai 14 jam sehari menyadari bahwa penjualan menurun,laba
menyusut, dan banyak karyawan keluar dari perusahaannya. Masalahnya : Adalah
bagaimana mereorganisasi PT. Kian Sugiho Tenano menjadi suatu perusahaan yang
lebih profesional dengan meningkatkan penjualanya dan laba.
Pertanyaan :
1.Untuk mengembangkan Struktur Organisasi, perlu kiranya Ateng tahu terlebih dahulu tentang informasi apa yang diberikan oleh suatu Struktur Organisasi ?Jelaskan !!
1.Untuk mengembangkan Struktur Organisasi, perlu kiranya Ateng tahu terlebih dahulu tentang informasi apa yang diberikan oleh suatu Struktur Organisasi ?Jelaskan !!
Jawaban:
Ateng harus bisa memahami pekerjaan masing-masing setiap karyawan sesuai dengan
jobdisknya.
2.Cara-cara dan
syarat-syarat apa yang sebaiknya dilakukan agar Koordinasi yang dilaksanakan
berjalan baik. !!
Jawaban:
- Setiap bagian atau orang yang melakukan koordinasi harus memiliki perasaan untuk bekerja sama
- Bagian-bagian yang diikutsertakan atau dihargai pada umumnya akan menambah semangat untuk bekerja
- Dari masing-masing bagian harus saling menghargai antara satu dengan tim lain
3.Banyak kegagalan
koordinasi disebabkan oleh komunikasi, coba saudara jelaskan mengenai
hambatan-hambatan Komunikasi , dan bagaimana caranya untuk mengatasi hambatan
tersebut.!!
Jawaban
;
Hambatan komunikasi
adalah kurangnya berinteraksi antara sesame antara pihak satu dengan lain serta
perbedaan dalam memberikan arti denotatife pada kata-kata pengirim dan penerima
pesan
Cara mengatasi hambatan
berkomunikasi ialah harus membuat suatu pesan secara berhati-hati,meminimalkan
gangguan dalam proses berkomunikasi serta mempermudah umpan antara si pengirim
dan si penerima pesan
4.Salah satu factor
penyebab penunjang keberhasilan perusahaan adalah Staffing, atau penerimaan dan
penempatan pegawai , coba saudara jelaskan bagaimana staffing yang efektif itu
!!
Jawaban:
Staffing adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa
penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja,
pengembangannya, sampai dengan usaha agar setiap tenaga berdaya guna maksimal
kepada organisasi. “ the right man in the right place and the right man
in the right job” (penempatan orang-orang yang tepat pada tempat yang tepat dan
penempatan orang-orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat).
1. PENGADAAN
(procurement)
2. PENARIKAN (Recruiting)
3. SELEKSI
4. PENEMPATAN
5. PEMBERHENTIAN
5.Ada dua jenis
perintah, yaitu perintah lisan dan tulisan. Jelaskan kapan perintah 2 tersebut
diberikan !! Dan sebutkan keuntungan dari kedua perintah tersebut !!
Jawaban:perintah
dapat di berikan setiap ada suatu permasalahan baik permasalahan besar maupum
kecil,keuntungan dengan adanya perintah menghindari hal-hal yang tidak
diinginkan sehingga dapat tercapai suatu pemecahan permasalahan yang efektf dan
efisien
SOAL
PILIHAN DENGAN 5 SOAL :
1.Jelaskan
tentang pengertian Manajemen !!
Jawaban : Sebuah proses
dalam rangka mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja sama secara
efektif dan efisien atau suatu seni dalam ilmu dan proses
pengorganisasian seperti perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan
pengendalian atau pengawasan.
6.Siapakah
pengambil keputusan dalam suatu perusahaan ?
Jawaban: orang yang mengambil suatu
keputusan adalah seorang operational manager dimana tugas seorang manager
mengambil setiap keputusan yang ada dalam suatu permasalahan yang mampu
mengendalikan dan memimpin perusahaan.
8.Apakah
yang dimaksud dengan Spesifikasi jabatan (Job spesification)
Jawaban: Job Spesification (Jobspek) atau
spesifikasi jabatan adalah suatu uraian tertulis tentang tentang latar belakang
pendidikan, pengalaman, kemampuan dan kompetensi atau hal-hal lain yang
berhubungan dengan pekerjaan yang harus dimiliki sebelum mengisi pemegang
jabatan/job tertentu sehingga dapat berfungsi dengan efektif sehingga Job specification ini biasanya
disebut juga dengan Hiring Spesification dan biasanya dijadikan informasi
dasar untuk memulai proses rekrutmen, seleksi dan penempatan.
Contoh job
spesifikasi pada bagian Marketing
I. Identitas Jabatan
Nama jabatan
: Sales Jasa
Atasan
langsung : Supervisor Jasa
Atasan tidak
langsung : Kepala Marketing Jasa & Barang.
II. Pendidikan, pelatihan dan
pengalaman yang diperlukan :
1.
Pendidikan minimal SLTA, diutamakan yang berpendidikan D3
2. Mempunyai
pengalaman kerja sebagai sales minimal 1 tahun
3. Pernah
mengikuti pelatihan minimal selling skills (tehnik menjual)
III. Ketrampilan dan aspek pribadi yang diperlukan (kompetensi) :
1. Inisiatif
2. Percaya
diri
3. Kemampuan
komunikasi
4.
Pengambilan keputusan
12.Mengapa
suatu perencanaan itu penting bagi suatu perusahaan ?
Jawaban :Dengan adanya
perencanaan maka pelaksana kegiatan dalam perusahaan dapat di usahakan dengan
efektif dan efisien serta dapat menghindari adanya kegiatan perubahan dan
pertumbuhan yang tidak terarah dan terkontrol
14.Jelaskan
karakteristik rencana yang baik ?
Jawaban :karakterisik
rencana yang baik dapat diartikan simple,sederhana dan dapat dimengerti dalam
suatu rencana yang dapat di pertanggung jawabkan
18.Apakah
yang dimaksud dengan motivasi ? ada dua jenis motivasi yaitu motivasi negative
dan motivasi positif jelaskan dengan contoh. !!
Jawaban:
A .Motivasi negative
adalah motivasi yang menimbulkan rasa takut pada seseorang misalnya,ancaman,intimidasi dan
sejenisnya
B. Motivasi positif
adalah motivasi yang menimbulkan harapan yang baik-baik yang untungnya menguntungakan yang
menimbulkan rasa kebahagiaan.Misalnya ;gaji, jaminan hari tua, karier dan lain
sebagainya
Komentar
Posting Komentar