ELINA POK (TOPIC 7)
Beberapa penyimpangan perilaku pekerja yang terjadi di perusahaan diantaranya :
1. Sering datang terlambat dan bolos kerja
- Karyawan yang sering datang terlambat hampir selalu menyalahkan kemacetan sebagai penyebab mereka terlambat tiba di kantor. Anda tidak bisa terus menerus menggunakan alasan ini ketika ditanyakan atasan. Atasan menganggap bahwa Anda seharusnya cukup pintar untuk memperkirakan waktu perjalanan dari rumah ke kantor, apalagi jika rumah Anda cukup jauh dari kantor atau ketika musim hujan. Jika Anda sulit bangun pagi, usahakan untuk tidak begadang atau tidur terlalu larut malam.
- Ada lagi kebiasaan yang lebih parah daripada sering datang terlambat ke kantor, yaitu sering bolos kerja. Karyawan yang sering bolos selalu menggunakan berbagai macam alasan untuk tidak pergi kerja, misalnya anak sakit, rumah kebanjiran, kendaraan mogok, dan sebagainya. Ketahuilah lama-kelamaan rekan kerja dan atasan Anda akan kehilangan rasa percaya terhadap alasan-alasan yang Anda berikan dan berpikir bahwa itu hanyalah karangan Anda saja padahal alasan yang sebenarnya adalah Anda malas pergi kerja.
2. Kurang inisiatif
- Atasan merasa kecewa ketika melihat karyawannya kurang inisiatif dan kreativitas dalam bekerja. Karyawan yang seperti ini tidak dapat melakukan apa pun sampai diberi tugas dengan instruksi yang sangat spesifik. Bahkan setelah menerima instruksi spesifik, karyawan tersebut masih harus sering bolak-balik bertanya pada atasan atau meminta bantuan rekan kerja untuk mengerjakan tugasnya. Sebaliknya, atasan sangat menanti-nantikan ide kreatif atau kritik membangun dari karyawan yang cerdas dan rajin bekerja.
3. Rekan kerja kurang menghargai
Masalah ini sedikit banyak tentu akan mengganggu kinerjamu. Bila hanya satu dua orang saja yang nggak asyik atau nggak menghargai, mungkin kamu masih bisa cuek dengan hal tersebut. Bagaimana bila semua orang melakukan hal yang sama?
Solusi: Langkah pertama yang bisa dilakukan tentunya adalah introspeksi diri. Sudahkah kita bersikap baik dan berusaha menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja? Bila belum, cobalah untuk memperbaiki diri.
Resign bukanlah jalan keluar untuk mendapatkan lingkungan yang lebih baik. Karena, kemungkinan besar masalahnya ada dalam diri kamu sendiri.
Jangan berharap selalu dimengerti orang lain. Orang-orang memiliki terlalu banyak beban hidup yang harus dipikirkan daripada pusing-pusing memikirkan bagaimana caranya membuatmu bahagia di kantor.
Kalau cukup nyali, bisa melakukan survey, kira-kira hal apa yang tidak disukai oleh rekan kerja dari dirimu, tanyakan dengan jujur dan katakan bahwa kamu ingin memperbaiki diri.
Andaikan kamu sudah introspeksi dan memperbaiki diri tapi rekan-rekan kerjamu tetap nggak asik dan nggak bisa menghargai, tak perlu terlalu sedih. Tetaplah tenang dan usahakan agar jangan terpengaruh dengan hal tersebut. Jadilah orang yang kuat dan tetaplah semangat bekerja, meskipun lingkungan tidak bersikap ramah padamu.
Kamu bukan bekerja untuk teman-temanmu, kan? Pekerjaanmun juga tidak digaji oleh teman-temanmu, kan? Lalu, buat apa terlalu dipusingkan.
4. Rekan kerja suka menjatuhkan
Tak dapat dipungkiri, politik di dunia kerja memang terkadang kejam. Kadang, untuk mencapai suatu maksud dan tujuan, seseorang tak sungkan-sungkan menghalalkan berbagai cara, sampai cara-cara yang tidak manusiawi sekalipun. Salah satunya adalah menjatuhkan rekan di depan atasan untuk membuat dirinya menjadi yang terbaik, mencuri ide-ide brilianmu dan mengklaim itu idenya. Bagaimana caranya bisa bertahan dengan rekan kerja seperti itu?
Solusi: The answer is tetaplah bekerja dengan baik dan jangan terlibat di dalam cara-cara kotor seperti itu.
Tak perlu terlalu khawatir, meskipun mungkin rekan-rekan kerjamu berusaha menjatuhkanmu. Yakinlah bahwa rejeki setiap orang sudah diatur oleh Tuhan. Tetaplah semangat dan selalu berikan performa terbaikmu.
Merasa sangat terganggu dengan rekan kerja yang seperti itu sampai-sampai memutuskan untuk pindah kerja? Wah, rasanya sangat disayangkan, ya. Karena, belum tentu di tempat baru nanti, kamu akan mendapati lingkungan kerja yang menyenangkan dengan rekan-rekan kerja yang baik. Ingatlah, sekuat apapun kita berusaha menjadi orang yang baik, pasti akan selalu ada orang-orang yang tidak menyukai kita.
Tetaplah bekerja dengan baik dan selalu berhati-hatilah dalam setiap kali kamu melangkah atau mengerjakan sesuatu, agar jangan sampai kamu berbuat kesalahan yang bisa menjadi celah bagi orang lain untuk menjatuhkanmu.
Komentar
Posting Komentar